Ketika kita menulis suatu naskah tertentu atau kita telah mempunyai data
yang berupa tulisan, namun tulisan atau teks tersebut akan dirubah
dalam bentuk tabel. Hal yang sering dilakukan adalah dengan cara copy
paste teks tersebut satu persatu kedalam bentuk tabel yang baru dibuat.
Hal tersebut sebenarnya tidak perlu kita dilakukkan karena di dalam Ms
Word sudah terdapat fasilitas convert text to table, yaitu merubah
format teks biasa atau ketikan menjadi format tabel. Dengan menggunakan
fasilitas tersebut pekerjaan kita akan lebih efektif dan lebih singkat.
Untuk menggunakan fasilitas convert text to table dapat diikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
- Blok atau seleksi teks yang akan diconvert menjadi table
- Pada Ribbon Insert, klik menu table kemudian klik convert text to table.
- Pada jendela yang muncul atur number of columns (jumlah kolom yang dibutuhkan)
- Pilih salah satu pilihan pembatas kolom yang diinginkan pada separate text at:
- paragraph,
- Tabs
- Commas (tanda koma)
- Jika pilihan diatas tidak ada gunakan pilihan other, masukkan karakter yang anda inginkan sebagai pembatas kolom atau baris misalnya spasi, tanda (-), tanda (|) dan lain sebagainya.
- Klik OK, maka secara otomatis teks anda akan berubah menjadi format tabel sesuai dengan pengaturan yang telah anda buat diatas.
Jika kolom yang dipilih hanya satu (1) maka tabel akan berupa satu kolom
dan terdiri dari beberapa baris. gambar dibawah ini jika jumlah kolom
yang dipilih adalah 3.
Selamat mencoba ……
0 komentar:
Post a Comment